Posts

Tugas Harian 1 : Gangguan dan Menjaga Kesehatan Sistem Reproduksi Manusia (TeachingLog#1)

Image
Selamat datang anak-anak, menjaga kesehatan reproduksi sangatlah penting bagi kita semua. Bagaimana cara menjaga kesehatan sistem reproduksi? Setelah mengamati gambar di bawah ini, lanjutkan untuk mengerjakan tugas di bawahnya!

Sumber : Kemenkes RI dan Germas
Petunjuk : Baca dan analisis artikel berita di bawah ini, kemudian buatlah analisis mengenai permasalahan apa yang terjadi, bagaimana upaya pengobatan, dan upaya penanggulangan apa yang bisa dilakukan. Kemudian buatlah refleksi mengenai bagaimana cara kalian menjaga kesehatan sistem reproduksi! (Kerjakan di kolom komentar di bawah postingan ini, bukan di e-learning, sertakan nama dan kumpulkan sebelum tanggal 30 Juli 2020)
46 Ribu Kasus Baru Pertahun, HIV di RI Terbanyak Ke-3 di Asia PasifikJakarta - Laporan dari UNAIDS atau program PBB untuk HIV-AIDS menyebut situasi penanganan HIV di Indonesia masih jauh dari kata mumpuni, bahkan menjadi salah satu yang terburuk di Asia-Pasifik. Meski pemerintah sudah memiliki program khusus p…

DailyLog with Wafda (EP. 1) "Kedatangan"

Image
Pernah ngebayangin gimana luar biasanya anak usia 4 tahun? Aku pernah membaca sebuah artikel tentang kreativitas (alibi saja padahal untuk menunjang skripsi)-hehehe. Jadi.. disana dijelaskan bahwasanya "tidak ada yang lebih kreatif dari anak usia 4 tahun" A not so long journey with Wafda dimulai dari sejak kedatangannya di Kediri bulan Desember tahun lalu. Sudah pasti ia sangat dirindukan. Kali terakhir ia pulang ke Kediri adalah sekitar 2 tahun yang lalu. Oh ya, tentu kalian bertanya-tanya, siapakah Wafda? Well, ia adalah adik sepupuku dari tante paling muda di keluarga besar Bani Anwar. Wafda lahir di Gorontalo dan besar di sana.
Kenapa Wafda punya segmen log tersendiri di laman ini? Well, i think it will be a waste if I don't make a compilation of her development when she's here, lives at the same house with me. Seperti apa sih seorang Wafda? Sudah kusampaikan di awal bahwa ia adalah balita usia 4 tahun, and she's just adorably cute!!! So, here she is!
Kedatanga…

PAMIT #Bagian 1

Image

Playing As Victim

Image
[Playing as Victim]

Hai Sahabat Inspirasi:) jumpa lagi dengan saya, hehe. Udah pada nggak asing dengan istilah diatas? Atau masih ada yang bertanya-tanya, apa sih maksudnya. Atau mungkin ada yang nanya, kenapa saya mengangkat tentang ini di sini. 
Jadi, sepagi tadi saya sempat berdiskusi via Whatsapp bersama teman saya. Diskusi berjalan seru, karena ternyata kita memiliki pandangan terhadap beberapa masalah yang terjadi di lingkungan sekitar. Sebenarnya diskusi cenderung menganalisis perilaku, tapi semoga bukan ghibah, yaaa hehe. InsyaAllah selalu ada hikmah yang bisa diambil. Dan, tentunya saya banyak mengambil pelajaran dari diskusi sepagi tadi. 
Coba amati gambar di bawah ini :)



Ada yang mau mengutarakan pendapat setelah melihat bunga pada gambar? Si Withered Coneflower itu sedang ada dalam tahap layu. Entah dia mulai kehabisan tenaga untuk tetap mekar atau ia layu karena anggota tubuhnya dicederai. Coba kita bayangkan jika semua bunga di kebun kita layu atau mati. Prihatin? Tentu saj…

Bicara Kehidupan #Tentang Memberi

Image
Memberi bukanlah menawarkan pemberian
So, ada satu hal penting tentang memberi yang sangat kuingat hingga kini. Memberi bukan menawarkan. Itu berasal dari salah satu guru Bahasa Indonesia di MAN dulu. Terima kasih, Budhe! Pengajaran itu melekat kuat. Secuil penting ilmu kehidupan yang sangat besar maknanya. Oke, langsung saja. Memberi bukan berarti bertanya. Hal ini dimaksudkan seperti ini, “Hei, mau kah kau sepotong kue ini?” so, itu bertanya atau memberi? Ya, seringkali kita sebelum memberi kita bertanya terlebih dahulu “Mau, nggak?” meskipun kita memang niat memberi kepada orang lain, ternyata dengan bertanya kita merusak hakikat memberi itu sendiri. Semakin bingung kah?
Simak dulu cerita berikut ini ya 😊
Sepulang dari gedung pendidikan menuju ke asrama di suatu sore. Aku bersama 3 temanku berjalan berdampingan. Melewati rumah Budhe, kami saling menyapa. Ternyata Budhe juga hendak menuju asrama. Budhe memanggil masing-masing dari kami. Seiring berjalan, kami berbincang satu sama lain…

Welcoming Back!!!

Hai guys, it's been a long time not see me, right? So... di pertengahan September ini aku kembali. harapannya selalu konsisten. Konsisten dalam menulis, konsisten dalam berbagi. Ya, pasti pada tahu lah... banyak tantangan di setiap menulis. Malas, nggak ada waktu dan sok-sok sibuk yang lainnya. Hehe. Semoga, kali ini terus konsisten.

Ada yang spesial loh dari postingan setelah ini. Apa, apaaa?
Yaaa, postingan pertama di Malaysia, yeayyy!

Selamat membaca dan menikmati :)
Boleh request tulisan jenis apa saja buat postingan postingan selanjutnya. Selain itu, jangan lupa beri komen, kritik dan saran. Hehehe, demi perbaikan kedepannya.

Please, kindly do it guys. I'll be very happy then.
See yaaa~

As always,
Najaubadati

Catatan Pendek untuk Sebuah Perjalanan Panjang : Oleh-oleh Pelatihan Kader Dasar

Image
Mengapa harus menjadi catatan pendek padahal berasal dari sebuah perjalanan panjang? Ya, karena catatan ini mungkin hanya akan mengisi satu atau dua halaman kedepan. Padahal perjalanan yang saya lakukan amatlah panjang. Berapa meter panjangnya? Hihihi. Bahkan sangat panjang sampai-sampai tak bisa lagi dihitung. Oke, intermeso cukup. Jadi, mengapa perjalanan ini adalah perjalanan panjang? Bayangkan, penulis harus melalui jungkir balik menjalani kehidupan selama hampir tiga tahun untuk kemudian bisa mengikuti pelatihan ini. Nah, mungkin banyak yang bertanya. Pelatihan apa sih? Oke, langsung saja. PKD atau Pelatihan Kader Dasar adalah bentuk kaderisasi formal kedua setelah MAPABA di PMII. Jika penulis sudah MAPABA sejak awal perkuliahan, kenapa baru PKD sekarang? Nah, makanya perjalanan itu kemudian diklaim menjadi perjalanan panjang. Oke, singkat saja. Kalau mau tau lebih lanjut, kita simak catatan-catatan berikutnya.
Sebuah pendidikan formal tentu melalui banyak proses dan penetapan sta…